Kamis, 20 Januari 2011

Hangat, Manis Bola – Bola Tangyuan.


Jenis makanan satu ini selalu hadir pada perayaan tahun baru Imlek. Bentuknya yang bulat, memiliki rasa manis yang legit. Makanan ini adalah salah satu makanan yang populer oleh warga Tionghoa. Enak dimakan hangat bersama keluarga saat menikmati perayaan tahun baru Cina.

Tepat di tahun baru Imlek, makanan klasik ini selalu jadi suguhan di setiap keluarga. Kudapan populer ini punya keunikan. Baik dalam pembuatan maupun dalam penyajiannya. Yang jelas makanan khas Cina ini, memiliki rasa yang legit, enak dengan aroma wangi yang menggoda!

Tangyuan namanya, tampak seperti wedang ronde. Makanan asal Cina ini selalu menjadi sajian perayaan Imlek dan biasanya hidangan ini dimakan selama Yuanxiao atau Festival Lentera. Rasa legit dan harum aroma yang keluar sangat cocok dihidangankan hangat – hangat.

Menurut sejarah Cina, tangyuan diambil dari festival lentera, malam pertama setelah tahun baru Cina. Yang memiliki arti “bola bundar dalam sup”. Bagi keluarga Tionghoa di dalam maupun luar negri, tangyuan biasanya disantap bersama keluarga. Bentuk putaran mangkuk dan bola – bola, melambangkan kebersamaan keluarga.

Lazimnya tangyuan dibuat beberapa hari sebelum Imlek tiba. Pembuatannya terbilang mudah, terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan sedikit air, agar mudah dibentuk bundar seperti bola golf, kemudian direbus dan disajikan dengan air rebusannya yang ditambah gula.

Bola-bola manis ini, dapat berisi kacang tanah, wijen ataupun gula aren. Teksturnya kenyal ketika digigit, dan bagian dalamnya akan meleleh dalam mulut. Memiliki ukuran besar dan kecil, berwarna-warni. Isi tergantung selera. Ingin manis atau gurih, keduanya sama – sama nikmat. Jika anda suka bisa ditambah irisan jahe untuk kuahnya.

Tidak ada komentar:

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034-Japanese Maple)

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034 – JAPANESE MAPLE)  Hola...  Hai... ciwi-ciwi! Apa kabarnya hari ini? S...