Jumat, 21 Januari 2011

Spek koek, Kue Berlapis Rezeki.


Kue lapis ini selalu hadir tiap perayaan Imlek. Dengan rasa legit menggigit yang enak bikin mulut tak bisa berhenti mengunyah. Yang jelas, satu atau dua potong pasti kurang. Apa saja keunikan kue berlapis ini?

Spek koek atau lapis legit adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Umumnya berwarna kuning dan berlapis coklat. Biasanya kue satu ini selalu ada saat acara perayaan Lebaran, Natal, bahkan saat perayaan Imlek tiba. Kue yang bertekstur lembut ini, tak hanya enak, tapi juga memiliki makna yang unik!

Menurut warga Tionghoa, kue lapis legit (spek koek), memiliki arti sebagai lambang datangnya rezeki yang berlapis – lapis dan saling tumpang tindih di tahun yang akan datang, sehingga dapat merasakan kehidupan yang lebih manis dan legit lagi, di tahun berikutnya.

Nama lain Spek koek, adalah “Thousand Layer Cake”, walaupun menggunakan mentega dari Belanda (roomboter), tetapi orang Belanda sendiri tidak mengenal kue satu ini. Sebab kata “spek” dari bahasa Belanda, yaitu lapisan lemak babi atau bacon. Disebut begitu, karena bentuknya mirip spek (lapisan lemak babi).

Warga Tionghoa sendiri, memaknai tahun baru tidak hanya sekadar menyajikan persembahan atau menikmati santap malam bersama keluarga. Namun, juga dapat memotivasi agar senantiasa mempunyai harapan serta menjauhkan diri dari sifat – sifat buruk.

Belakangan spek koek, memiliki rasa pandan yang tak kalah enak. Sebaiknya kue lapis ini disajikan di atas piring yang ditata cantik. Rasa manis dan aroma wanginya sangat cocok dimakan sambil menikmati secangkir kopi, coklat atau teh hangat.


Tidak ada komentar:

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034-Japanese Maple)

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034 – JAPANESE MAPLE)  Hola...  Hai... ciwi-ciwi! Apa kabarnya hari ini? S...