Kamis, 27 Januari 2011

“Siu Mie” Si Mie Panjang Umur.


Makanan satu ini selalu hadir saat menjelang tahun baru Imlek. Bentuknya panjang, rasanya gurih dan kenyal. Makanan wajib dimakan saat malam tahun baru. Enak direndam kuah hangat. Apalagi dilengkapi dengan aneka bakso yang gurih-gurih kenyal. Slruuup... enak

Tepat di malam tahun baru Imlek, makanan ini selalu jadi suguhan di setiap keluarga. Makanan khas dan memiliki keunikan tersendiri dalam penyantapannya. Yang jelas makanan khas Cina ini, memiliki rasa enak dan gurih. Di jamin Imlek anda tahun ini lebih berkesan

Siu Mie atau mie merupakan penganan khas yang hadir untuk menyemarakkan perayaan tahun baru China atau Imlek. Bagi masyarakat keturunan Tionghoa, menyantap Siu Mie terbilang wajib sebagai simbol umur panjang. Biasanya sebelum makan Siu Mie, dibarengi doa dan harapan agar terkabul di sepanjang tahun berikutnya.

Siu Mie merupakan simbolisasi kelanggengan umur manusia. Cara menyantapnya pun sangat unik yaitu dimakan secara utuh tanpa digigit. Nah, di sinilah letak seninya, agar tidak putus biasanya Siu Mie dimakan dengan menggunakan sumpit.

Siu Mie biasanya disajikan untuk santap malam menjelang tahun baru China. Sebagai simbol kelanggengan. Siu Mie juga dikenal sebagai mie panjang umur karena konon siapa yang menyantapnya akan mendapatkan umur panjang, kebahagiaan serta limpahan rejeki.

Masyarakat Tionghoa membiasakan santap Sui Mie bersama-sama keluarga serta ditemani arak sebagai minumannya. Tradisi turun-temurun ini selalu ditunggu, karena berlangsung setahun sekali. Makanan ini hanyalah satu dari sekian banyak penganan khas Imlek seperti kue keranjang, wajik ketan, manisan ang co, kue ku, kue mangkok, dan opor cap go meh.

Masing-masing makanan tentu memiliki makna simbolik yang melambangkan kejayaan. Menyantap Siu Mie hakikatnya bukanlah sekadar persembahan menyambut tahun baru bersama keluarga. Namun juga dapat memotivasi agar manusia senantiasa mempunyai harapan serta menjauhkan diri dari sifat-sifat negatif.

Tidak ada komentar:

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034-Japanese Maple)

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034 – JAPANESE MAPLE)  Hola...  Hai... ciwi-ciwi! Apa kabarnya hari ini? S...