Jumat, 28 Oktober 2011

Labu Kuning Cegah Katarak


genuinekentucky.com
Labu kuning yang sering digunakan untuk membuat kue maupun puding ternyata tidak hanya memiliki rasa yang enak, tapi juga bisa dijadikan andalan sebagai obat alami. Senyawa yang terkandung di dalamnya membuat tubuh terhindar dari beragam jenis penyakit.

Waluh atau labu kuning merupakan sekelompok tumbuhan merambat anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Pohon ini menghasilkan buah dengan ukuran yang besar, berwarna kuning dan berasal dari benua Amerika, dan kini menyebar dibanyak tempat yang memiliki iklim hangat.

Labu jenis ini biasanya berwarna orange atau kuning namun ada juga yang hijua muda. Semakin warnanya cerah semakin banyak pula kandungan beta-karotein yang terkandung. Labu kuning juga kaya akan vitamin A, C, E, zinc, potasium, magnesium, kalsium, serat, protein, niacin dan selenium serta karbohidrat.

Banyaknya nutrisi yang terkandung membuat labu jenis ini memliki sejumlah manfaat yang baik buat tubuh. Apa saja?

Stroke
Labu kuning atau pumpkins kaya akan antioksidan beta-karotein yang bisa dijadikan sebagai anti inflamasi. Makan labu kuning secara teratur bisa mencegah pengendapan kolesterol pada dinding arteri yang bisa menurunkan resiko stroke.

Penuaan dini
Senyawa alpha-karotein, vitamin A, C dan zinc pada labu kuning bertindak sebagai obat alami untuk memperlambat proses penuaan, mencegah keriput dan menghaluskan kulit.

Katarak
Labu kuning mengandung senyawa alpha-carotene, antioksida, lutein dan zeaxanthin yang tidak hanya dapat mencegah penuaan dini, tapi juga baik memelihara kesehatan mata, dan mencegah terjadinya katarak, degenerasi makula yang bisa menyebabkan kebutaan.

Sembelit
Kandungan seratnya yang terbilang tinggi sangat baik untuk menjaga sistem saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Hipertensi
Kandungan potasium pada labu jenis ini, bisa membantu mengurangi resiko tingkat darah tinggi atau hipertensi dalam tubuh.

Tulang
Pumpkins atau labu kuning mengandung zinc yang baik untuk memperkuat masa tulang dan mencegah terjadinya sel-sel tubuh yang rusak karena radikal bebas. Makan labu kuning secara cukup juga bisa cegah osteoporosis.

Tidak ada komentar:

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034-Japanese Maple)

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034 – JAPANESE MAPLE)  Hola...  Hai... ciwi-ciwi! Apa kabarnya hari ini? S...