Kamis, 10 Februari 2011

Warna Cantik Isarat Nutrisi Pada Sayur Dan Buah

Sering melihat sayur dan buah segar dengan warna cantik menggoda? Ternyata, warna cantik itu bukan hanya sekadar tampilan saja, tapi juga menyiratkan kandungan nutrisinya. Mau tahu apa saja kandungannya? Lihat saja dari warnanya!

Warna pada buah dan sayur bukanlah sekadar pembeda jenis keduanya. Namun, merupakan informasi kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka itu, pilihlah dan kenalilah buah dan sayuran secara optimal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Seperti yang dilansir cleo, inilah warna – warna cantik pada sayur dan buah yang memiliki makna bernutrisi :

Orange.
Warna ini dapat ditemui pada buah Aprikot, pepaya, jeruk dan labu. Warna ini menyiratkan kandungan betakaroten yang berfungsi menghambat proses penuaan dengan meremajakan sel-sel tubuh. Zat ini juga akan berubah menjadi vitamin A yang memacu kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Hijau.
Terdapat pada Brokoli, bayam, bok coy, kubis, dan selada. Mereka memiliki kangandungan asam alegat yang menggempur berbagai bibit sel kanker, serta menormalkan tekanan darah. Juga vitamin C, B Kompleks, serta zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan serat. Kekurangan zat ini akan menyebabkan kulit jadi kasar dan bersisik.

Merah.
Warna ini mengindikasikan kandungan antosianin dan likopen. Antosianin berfungsi mencegah infeksi dan mencegah kanker kandung kemih. Likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar tidak mudah pikun. Warna merah pada sayuran juga mengindikasikan kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker. Kandungan ini antara lain banyak terdapat pada tomat, jambu biji, semangka, grapefruits berbulir merah, dan paprika merah.

Kuning.
Warna kuning kaya akan kalium, yang bermanfaat mencegah stroke dan jantung koroner, serta mencegah katarak. Warna ini banyak terdapat pada bawang putih, belimbing, nanas, pisang, belimbing buah, kentang dan belimbing sayur.

Ungu.
Buah dan sayur yang berwarna ini mengandung antioksidan yang menghambat terbentuknya gumpalan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Misalnya, terong ungu, apel merah, anggur merah dan ungu, pir merah, cabai merah, ceri, blackberry, blueberry, plum.

Tidak ada komentar:

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034-Japanese Maple)

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation (034 – JAPANESE MAPLE)  Hola...  Hai... ciwi-ciwi! Apa kabarnya hari ini? S...